Permainan Penegak
Setiap kali akan membina peserta didik, seorang pembina seharusnya selalu mempunyai program latihan. Program latihan ini yang akan menjadi acuan dalam pelaksanaan kegiatan latihan. Kegiatan yang di rencanakan dengan baik, harapannya dapat berjalan dengan baik dan mencapai tujuan latihan.
Ingat tidak merencanakan berarti kita sedang merencakan kegagalan. Berikut contoh latihan Pramuka di Pasukan yang kami bina.
Berikut adalah program permainan penegak
Daftar Permainan Besar Permainan Besar | |||
No | Permainan | uraian Singkat Permainan | Ket |
1 | Meteor Garden | kalo dulu sering disebut lintang ngalih, peserta akan dikumpulkan dalam kelompok kecil berjumlah 3 orang, berbaris berbanjar. I atau 2 orang akan berlaari mengejar orang ketika di dibelangang menadi 4 orang, yang paling depan mencari kelompok lain dan paling belakang, satu orang yang jadi berlari mengejar yang sedang berpindah | |
2 | Angin Ribut | Peserta berlingkaran, ketika ada angin ribut maka akan bergerak ke sesuai angin nya, jika angin kanan peseta bergerak ke kiri dsb | |
3 | Perang Bintang | Awas, Siap, tembak, dor .. Peserta berkelompok 5 orang, berbaris berbanjar. Baris paling belakang berteriak, awa, no 2 : siap, baris 3, tembak, baris 4 dor, baris 5 (terdepan) menunjuk kelompok yang lain | |
4 | Ular Naga | peserta berkelompok sesuai dengan regu, pemimpin regu jadi kelapa, wakil jadi ekor, tugas kelapa menangkap ekor regu lain tanpa boleh terpustus badannya. | |
5 | Jembatan Manusia | Peserta berkelompok sesuai dengan regu, Saling berhadapan, masing masing berpasangan membawa potongan bambu yang akan dijadikan sebuah pijakan, satu orang akan menjadi orang yang akan menyeberangi jembatan tersebut | Tongkat bambu tiap kelompok @4 tongkat |
6 | Lari Gelang | Peserta berkelompok sesuai dengan regunga. Semua peserta berbaris berbanjar. Paling belakang berlari ke arah depan dengan melewati seluruh anggota yang lain. Ketika anggota sudah sampai di depan maka akan disusul oleh orang yang lalu belakang lagi | |
7 | Kuda Buta | Berkelompok sesuai dengan kelompok, satu orang akan bertindak sebagai kusir, yang lain akan sebagai kuda buta. Kuda tidak dapat melihat karena matanya di tutup slayer. Ditugaskan untuk mengambil barang dengan tidak boleh berkomunikasi secara verbal | Penutup mata Sejumlah Peseta |
8 | Tambang Minyak | Peserta berkumpul satu regu berbaris berkelompok, Peserta duduk berbanjar lurus, masing di depan barisan ada sember air dan spon. Sedang dibelakang peserta terdapat botol. Peserta paling depan mengambil spon kemudian mengestafetkan lewat atas kemudian yang paling belakang memeras spon ke dalam botol. kelompk yang mendapatkan air terbanyak menjadi pemenang | Ember, Spon, Botol |
9 | Panjang Pendek | Peserta berkumpul dengan satu regu, menunggu perintah pembina untuk menggunakan barang yang ada di tubuh nya membentuk yang paling panjang atau pendek | |
10 | Penguin Dance | Kiri kiri kanan kanan, dengan alunan yang ada | Soundsytem |
11 | Crazy Ball | Peserta berbaris berbaris berbanjar masing-masing regu, peserta paling belang membawa bola, bola dilewatkan diatas kepala sampai depan, kemudia bola di estafekan lewat kolong sela-sela kaki sampai belakang kemudia orang terakhir membawa bola ke depan dengan berlari zig zag di sela sela anggota. bola kemudian bola di lewatkan lewat sela kali mengulang seperti tadi, sampai seluruh peseta masuk ke garis finis | Bola, Keranjang sampah, Hola hop |
12 | Misi Yang Tak Mungkin | Satu orang akan berdiri Terus berjalan dengan tangan, kaki nya dipegangi oleh temannya | |
13 | Kucing dan tikus | Membuat lingkaran saling berlari, Kucing mengejar tikus, yang lain akan sebagai tembok, tikus mau lewat maka di beri jalan, tetapi kalo kucing tidak diberi kan jalan | |
14 | Jempok, Jentik | Peserta berbaris berbanjar, saling pegang tangan saling terbubung, pemimpin menghadap kakak pembina, yang lain ke arah sebaliknya. Ketika pemimpin melihat jempok kakak pembina maka isyarat untuk mengalurkan ke anggota lain dengan meremas tangan, anggota yang paling belakang akan berlari mencari bendera | Bendera Semaphore |
15 | Rawa Rawe | Pasukan di bagai menjadi dua barisa selat terbuka, dibelakang masing-masing barisan di buat garis dengan tali atau yang lain jarak nya kira2 3-5 m. Ketika pembina menyebut rawa, maka kelompok rawa berlari ke belanag tali, sedangkan kelompok rawe mengejar. jika ada yang tertangkap sebelum lewat tali maka kalah | Pembatas, bisa tali atau kapur |
16 | Menerobos Parit | Peserta berkumpul per regu, masing masing berbaris berbanjar. Tugas nya merangkak ke depan | |
17 | Potong Alang Alang | Pasukan disusun dalam barisan perlombaan, Tiga meter ddi depan diletakkan tongkat pramuka, anak paling depan berlari mengambil tongkat. Sampai di depan regunga peserta no 1 dan 2 memegang ujung tongkat secara mendapatng setinggi lutut di bawa ke belakang, sedangkan anggota yang lain meloncat ketika tongkat datang. ketika sampai belakang, peserta no 1 dian, peserta no 2 ke depan bersama peserta barisan no 3 mengulang seperti tadi | |
18 | Polisi Tidur | masing-masing regu berhadapat dengan regu yang lain, saling duduk kaki dengan kaki bertemu. Berhitung dari depan sampai belakang, peserta yang disebut kan no nya berkalir kedepan terus kearah luar ke belakang melewati teman2 temannya lalu kembali duduk lagu. | |
19 | Estafet Telepati | Peserta berbaris berbanjar, saling pegang tangan saling terbubung, pemimpin menghadap kakak pembina, yang lain ke arah sebaliknya. Setiap bola mempunyai arti. Biru = 1, merah 2, kuning 3, hijau 4, ketika kakak pembina memberikan simbol angka dengan jari, peserta akan memberikan sinyal dengan saling menggengam tanggan. peserta paling belakang akan berlari mencari bola sesuai dengan kode. kelompok yang mendapatkan bola yang menang | |
20 | Kaki Seribu | Peserta berkumpul sesuai dengan regu, duduk berbanjar, kaki paha depan. Berjalan bersama-sama mengggunakan kedua tangan, pantat di angkat | |
21 | Gerak Seirama | Peserta berbaris berbanjar, tangan belakang memegang pundak teman di depannya. Kemudian melaksanakan gerakan sesuai perintah kakak pembina | |
22 | Panen Singkong | Peserta bermaian bergemberia, berkumpul dalam sebuah lingkaran. Sepatu di lepas di lumpulkan di tengah lapangan. Kemudian di acak-acak oleh kakak pembina. Seluruh peseta diminta untukk mengambil sepasang sepatu masing-masing dalam hitungan 10 sampai di pakai, peserta yang sepatunya tertukar diminta untuk memakaikan sepatu yang di bawanya kepada pemiliknya. | |
23 | Lari Beranting Gaya Cina | Semua regu masing-masing berlari di satu sisi lapangan, begitu mulai pemimpin regu berlari ke seberang, menyentuh dinding dan kembali ke regunya. Setelah kembali ia memasukkan tangannya di antara kedua kakinya ke arah kebelakang dan memegang tangan kiri temannya di arah belakang dan menggandeng seperti ini awal sampai seluruh anggota berlari | |
24 | Bola Salju | pemimpin berlari memutari tonggal / benda yang yang sudah disiapkan, kembali ke regunya sambil memegang satu anggota lain, berlari kembali sampai bseluruh peserta sudah berlari | |
25 | Merangkai Gerbong | Semua regu berbaris di satu sisi ruangan, dengan ketua regunya berdiri sejauh 6 meter di sepannya dan menghadap ke jurusan yang sama, ketua regu ini adalah lokomotifnya dan yang lain gerbongnya. Setelah tada diberikan, lokomotif ini harus mundur sampai gerbong pertama dari regunya. berulang samapai anggota regu telah di jemput lokomotif |
Permainan dalam kegiatan kepramukaan bukanlah hanya permainan untuk kesenangan saja. jangan terjebak dalam permaianan anak-anak, tetapi pembina harus senantiasa memberikan sebuah nilai yang terkandung dalam permaianan. Ini hanyalah contoh saja silahkan dapat dikembangkan dan menciptak suatu permainan baru.
Contoh Program Latihan
Program latihan Mingguan Ambalan Penegak |
Sebagai referensi kakak penegak dalam kegiatan Serah terima Jabatan Pengurus Dewan Ambalan :
- Program Latihan Ambalan Penegak
- Program Latihan PBB Ambalan Penegak
- Ragam Permainan Ambalan Penegak
- Atur Acara Upacara Serah Terima Jabatan
Berikut Link yang mungkin juga berguna untuk kakak Pembina Pasukan Penggalang :
Sebagai referensi kakak penegak dalam kegiatan Serah terima Jabatan Pengurus Dewan Ambalan :
Kunjungi Perpustakaan Pramuka (khusus buku Kepramukaan) di Kwarcab Kota Semarang. Jl Prof Hamka 234 komplek Kecamatan Ngaliyan. Setiap hari selasa pukul 15.00-17.00 WIB atau Hub kak Awang Wisnuaji Hub 085 743 109 113 ( hanya SMS atau WA, tidak menerima telp)
Klik Juga
Tags
PENEGAK